10 Bahaya Konsumsi Obat Tanpa Resep Dokter untuk Tubuh

obat
Kwaver –  Anda sanggup terkena ancaman konsumsi obat tanpa resept dokter kalau sering mengonsumsi obat secara sembarangan. Obat merupakan jenis materi konsumsi yang mengandung senyawa tertentu. Beberapa senyawa dalam obat tidak sanggup dikonsumsi melebihi takaran alasannya yakni sanggup membahayakan kesehatan tubuh. Itulah mengapa Anda perlu memeriksakan diri kepada andal kesehatan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suatu jenis obat.

Beberapa obat yang perlu Anda konsumsi ketika sakit memerlukan resep dokter yang berisi kadar atau takaran yang perlu Anda konsumsi. Konsumsi obat sendiri dilarang kurang ataupun melebihi dari apa yang dokter tulisankan pada resep. Jika konsumsi obat berkurang, maka penyakit Anda tidak akan sembuh. Namun kalau konsumsi obat berlebihan, maka badan Anda justru akan mengalami serangan banyak penyakit lainnya.

Agar Anda sanggup lebih waspada, berikut ini kami sajikan ancaman konsumsi obat tanpa resep dokter untuk kesehatan badan yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan organ hati

Salah satu ancaman yang sering ditimbulkan oleh konsumsi obat tanpa resep dokter yaitu munculnya gangguan kesehatan pada organ hati. Gangguan ini akan menciptakan hati Anda menjadi tidak berfungsi dengan baik di dalam tubuh.

2. Gangguan ginjal

Selain hati, kesehatan ginjal juga akan menjadi terganggu kalau Anda mengonsumsi obat tanpa mengacu resep dokter. Ginjal berfungsi sebagai penyaring zat-zat yang masuk ke dalam badan Anda, termasuk zat atau senyawa yang ada pada obat.

3. Alergi

Senyawa yang ada dalam obat juga sanggup menciptakan seseorang justru terkena tanda-tanda alergi. Hal ini biasanya menyerang seseorang yang mengonsumsi obat dengan hiperbola tanpa adanya resep dokter yang baik.

4. Penyakit bertambah parah

Obat yang Anda konsumsi justru sanggup berbalik akan menciptakan penyakit di badan Anda semakin parah. Kondisi ini sanggup terjadi kalau Anda tidak mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter atau mengonsumsi obat lain yang tidak tertulis dalam resep.

5. Kebal terhadap obat

Konsumsi obat tanpa resep dokter sanggup menciptakan badan Anda justru kebal terhadap obat. Anda sanggup sembuh dari penyakit namun konsumsi obat selanjutnya kemungkinan besar tidak aka nada keuntungannya di dalam tubuh.

6. Overdosis

Gejala overdosis sanggup muncul dikala Anda mengonsumsi obat hiperbola yang tidak dibarengi dengan resep dokter. Terkadang banyak orang yang ingin mengonsumsi obat dengan hiperbola alasannya yakni ingin penyakitnya segera sembuh.

7. Kecanduan

Kandungan senyawa yang ada dalam obat sanggup menciptakan orang kecanduan. Hal ini sanggup terjadi alasannya yakni beberapa obat mengandung zat narkotika yang dosisnya sudah sesuai dengan hukum dinas kesehatan. Namun kalau konsumsinya tidak sesuai dengan resep, maka hanya akan menciptakan ketagihan.

8. Gangguan kesehatan kandung kemih

Kesehatan kandung kemih Anda juga akan terganggu kalau Anda sering mengonsumsi obat-obatan tanpa adanya pengawasa dari dokter dengan resep yang diberikannya. Anda sanggup mengalami tanda-tanda buang air kecil yang tidak lancar.

9. Mual dan muntah

Beberapa orang yang mengonsumsi obat tanpa resep dokter sanggup mencicipi mual. Hal ini merupakan efek dari senyawa dari obat yang tidak sanggup dicerna oleh tubuh. Gejalanya akan berlanjut dengan rasa ingin muntah.

10. Gangguan pencernaan

Pencernaan Anda juga akan mengalami beberapa penyakit alasannya yakni terlalu banyak mengonsumsi jenis obat-obatan yang mengandung senyawa tertentu. Mulai dari rasa mulas, sakit perut, hingga dengan buang air besar terlalu sering.

Itulah beberapa informasi kesehatan wacana ancaman konsumsi obat tanpa resep dokter untuk kesehatan badan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas mempunyai kegunaan bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga sanggup Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

You May Also Like