10 Efek Samping Bau Cat bagi Kesehatan

cat dinding
Kwaver – Setiap orang yang mempunyai rumah tentu ingin merenovasi warna rumah, namun belum banyak yang tahu bila ada pengaruh samping bau cat yang dipakai pada rumah mereka. Terkadang di moment-moment tertentu seseorang mengharuskan rumah untuk di cat ulang kembali. Tidak sedikit apabila seseorang telah final mewarnai dinding-dinding rumah beberapa hari kemudian ingin mengganti warna kembali. Tentu ha ibarat ini mengganggu penghuninya bahkan dapat menimbulkan penyakit yang tanpa disadari oleh kita.

Cat mengandung komponen VOC, timbal dan merkuri. Komponen-komponen tersebut dapat memicu badan seseorang terjangkit penyakit apabila terlalu sering dihirup. Berikut ini beberapa penyakit yang ditimbulkan apabila seseorang meghirup bau cat dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

1. Gangguan pernafasan

Bau cat yang menyengat dihasilkan oleh VOC. Bau yang ditimbulkan VOC sangat berbahaya lantaran mengakibatkan gangguan pernafasan. Hal ini disebabkan dikala cat mengering, VOC menguap ke udara sehingga menciptakan pernafasan terganggu apabila seseorang menghirup bau cat tersebut.

2. Pusing

Efek samping yang disebabkan VOC juga menimbulkan pusing. Hal ini dikarenakan apabila seseorang menghirup bau cat yang mengandung VOC dikala melaksanakan pernafasan menimbulkan kadar oksigen yang dihirup ketika bernafas akan rendah. Oleh lantaran itu, suplai oksigen ke otak juga menurun dan dalam kondisi ibarat ini mengakibatkan kepala menjadi pusing.

3. Mata perih

Komponen VOC juga dapat berakibat mata perih. Hal ini dikarenakan komponen VOC yang ada diudara meskipun tidak terlihat. Sebaiknya untuk orang-orang yang akan melaksanakan cat menyiapkan kacamat dan masker untuk menghindari jawaban dari VOC.

4. Iritasi pada kulit

Apabila seseorang mempunyai kulit yang sensitive, komponen VOC dapat mengakibatkan iritasi kulit. Senyawa kimia yang ada pada cat dapat diserap oleh pori-pori kulit. Hal ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit yang semakin parah.

5. Kanker

Apabila seseorang terlalu menghirup bau cat, ini mengakibatkan pertumbuhan sel kanker didalam badan lebih cepat. Hal tersebut memicu tumbuhnya sel kanker. Tidak hanya itu saja, partikel dan senyawa kimia yang ada pada cat akan menyerap pada kulit dapat manjadi pemicu tumbuhnya sel kanker pada badan seseorang.

6. Kerusakan saraf

Cat juga mengandung pigment. Pigment merupakan zat kimia yang mempunyai kegunaan sebagai zat pewarna apabila mengenai kulit atau terhirup dapat menimbulkan kerusakan pada system saraf pusat. Kondisi tersebut lebih berbahaya apabila dirasakan oleh ibu hamil lantaran dapat beresiko bayi yang ada pada kandungan akan mengalami kerusakan system saraf.

7. Penyakit ginjal

Partikel zat kimia dalam cat tidak terlalu banyak tetapi dalam zat mengandung materi berbahaya ibarat timbal dan merkuri. Apabila seseorang sering menghirup cat yang mengandung timbal atau merkuri dapat menderita gangguan ginjal.

8. Keguguran

Tidak hanya kerusakan system saraf, apabila ibu hamil terlalu sering menghirup bau cat dapat mengakibatkan keguguran. Hal ini dikarenan cat mengandung komponen VOC, timbal dan merkuri.

9. Kerusakan fungsi hati

Partikel cat yang dihirup atau akan masuk dalam badan melalui pori-pori kulit yang dapat mengakibatkan kerusakan fungsi hati. Ini dapat terjadi dalam jangka waktu lama, hal ini dipicu lantaran partikel VOC yang masuk kedalam badan mengikuti ajaran darah. Hal ini dapat mengakibatkan kerja hati semakin berat dan memicu kerusakan fungsi hati dalam jangka waktu yang panjang.

10. Alergi

Bau cat yang menyengat jawaban kandungan cat adalah VOC serta pigment cat timbel dan merkuri dapat mengakibatkan seseorang mengalami alergi pada kulit. Hal ini dialami seseorang yang terlalu banyak menghirup bau cat.

Itulah beberapa informasi kesehatan perihal pengaruh samping bau cat bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas mempunyai kegunaan bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga dapat Anda beritahukan kepada semua orang disekitar Anda. Salam sehat.

You May Also Like