10 Resiko Kesehatan di Balik Kelezatan Ikan Asin

ikan asin

Kwaver – Adanya bahaya ikan asin untuk kesehatan badan perlu diperhatikan lebih lanjut oleh penggemar kuliner olahan yang satu ini. Ikan asin yaitu olahan kuliner berupa ikan yang dikeringkan dengan memakai garam. Olahan ikan yang satu ini sudah sangat populer di beberapa kawasan di Indonesia dan menjadi favorit banyak orang. Ikan asin biasanya dikonsumsi dengan memakai sambal terasi dan juga lalapan yang segar.

Kandungan garam yang ada dalam ikan asin terkadang cukup banyak. Maka tak heran rasa ikan ini sanggup begitu asin. Jika Anda salah satu penggemar ikan asin, maka Anda perlu memperhatikan jumlah ikan asin yang Anda konsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi suatu jenis kuliner hanya akan menciptakan badan Anda terganggu kesehatannya. Walaupun kuliner tersebut bergizi, Anda tetap akan terserang banyak gangguan kesehatan akhir terlalu banyak asupan gizi yang masuk ke tubuh.

Agar Anda tidak salah dalam menentukan jenis makanan, berikut ini kami sajikan ancaman ikan asin untuk kesehatan badan yang perlu Anda ketahui.

1. Kandungan garam yang banyak

Jumlah garam dalam ikan asin diperkirakan lebih dari 5 gram. Padahal badan Anda membutuhkan asupan garam kurang dari itu. Bisa Anda bayangkan kalau Anda hampir setiap hari mengonsumsi kuliner ini, garam akan menumpuk di dalam badan Anda.

2. Keracunan logam berat

Saat ini sudah sangat sulit untuk menentukan kuliner yang sehat dan tidak terkontaminasi limbah, termasuk ikan asin. Jenis ikan yang diolah terkadang banyalk yang terserang logam berat sehingga Anda yang mengonsumsinya sanggup mengalami keracunan.

3. Penyakit darah tinggi

Kandungan garam yang banyak dalam ikan asin akan mempengaruhi kesehatan badan Anda dan menjadikan penyakit. Salah satunya yaitu penyakit darah tinggi. Garam mengandung senyawa yang akan memicu darah tinggi kalau dikonsumsi terlalu banyak.

4. Resiko kanker

Asupan garam yang hiperbola ke badan Anda sanggup menjadi penyebab timbulnya kanker. Tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang, sehingga kalau Anda hanya mengonsumsi satu jenis nutrisi saja, maka kesehatan sel badan akan terganggu.

5. Penyakit jantung

Anda juga perlu berhati-hati terhadap resiko penyakit jantung yang akan Anda terima. Pasalnya kandungan garam yang terlalu banyak dikonsumsi oleh badan melalui ikan asin sanggup memicu terjadinya penyakit jantung.

6. Sakit perut

Kelebihan jumlah kuliner dengan kandungan garam yang banyak menyerupai ikan asin sanggup menciptakan perut Anda terasa sakit. Hal ini alasannya yaitu lambung Anda tidak sanggup mendapatkan zat asin yang ada pada ikan asin dengan kadar yang berlebihan.

7. Peredaran darah yang tidak lancar

Aliran darah Anda kemungkinan besar akan menjadi tidak lancar kalau Anda banyak mengonsumsi ikan asin. Hal ini berkaitan dengan tanda-tanda penyakit darah tinggi yang akan Anda dapatkan alasannya yaitu konsumsi ikan asin berlebihan.

8. Gangguan pencernaan

Sistem badan yang pertama akan mencicipi dampak dari konsumsi ikan asin yang terlalu banyak yaitu pencernaan. Pencernaan Anda akan terganggu kesehatannya dan juga mengakibatkan tidak lancarnya pencernaan yang masuk dan keluar.

9. Radang pada lambung

Lambung Anda memiliki tingkat enzim yang tidak didesain untuk mengolah kuliner dengan satu jenis kadar yang berlebihan. Kaprikornus kalau Anda banyak mengonsumsi ikan asin, lambung Anda akan mengalami peradangan.

10. Radang usus

Sama halnya menyerupai lambung, usus Anda pun akan mengalami gangguan kesehatan saat harus mengolah kuliner dengan kadar asin yang tinggi. Padahal usus yaitu salah satu organ penting yang Anda perlukan dalam sistem pencernaan.

Itulah beberapa warta kesehatan wacana ancaman ikan asin untuk kesehatan badan yang perlu Anda ketahui. Semoga warta di atas berkhasiat bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan badan dengan lebih teliti lagi dalam menentukan makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

You May Also Like